Sedang main game di PC, tiba-tiba listrik turun? Waduh! Ternyata listrik padam akibat ketidak stabilan daya. Bagaimana mengatasinya? Anda bisa gunakan UPS untuk menstabilkannya. Apa saja sih manfaat UPS untuk PC gaming? Yuk scroll untuk baca selanjutnya!

 

Sekilas tentang UPS untuk PC gaming

UPS atau Uninterruptible Power Supply merupakan alat yang menyediakan cadangan energy listrik dalam jangka pendek. Alat ini dapat membantu Anda untuk tetap menghidupkan peralatan elektronik, khususnya PC gaming. Sehingga, Anda masih bisa menyimpan, mem-backup, dan mematikan PC lewat fitur shutdown.

UPS juga dapat menghindari kerusakan perangkat keras pada PC gaming. Sayangkan sudah punya PC gaming, malah rusak akibat korsleting?

Walaupun begitu, apa saja sih manfaat UPS untuk PC gaming? Apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih UPS untuk PC gaming? Yuk simak pembahasan berikut ini!

 

Manfaat UPS untuk PC gaming

Memiliki UPS, seberapa penting? Apa saja manfaat yang ditawarkan? Nah berikut pembahasannya.

  1. Mengurangi risiko kerusakan perangkat

Seperti yang telah disinggung di poin sebelumnya, UPS dapat menghindari kerusakan perangkat keras (hardware) pada PC gaming. Penyebab kerusakan tersebut umumnya karena lonjakan daya listrik secara spontan, korsleting, aliran listrik tidak stabil, dan sambaran petir.

Penyebab tersebut dapat berpotensi merusak motherboard dan baterai. Bahkan, juga bisa mengurangi kemampuan perangkat lunak (software) dalam menyimpan, mem-backup, dan menjalankan system operasi.

 

  1. Membantu menyimpan, backup, dan mematikan PC sesuai prosedur

Ketika listrik padam, PC gaming Anda akan ikut mati. Namun, berbeda ceritanya ketika menggunakan UPS untuk PC.

Meski listrik padam, Anda masih bisa menghidupkan PC gaming. Tetapi, hanya untuk menyimpan atau backup data sekaligus mematikan PC sesuai prosedur shutdown.

Umumnya, UPS memiliki durasi cadangan energy listrik, mulai dari 5 menit sampai 24 jam. Durasi ini tergantung pada produknya. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

  1. Menstabilkan arus dan tegangan listrik

Ketika arus dan tegangan listrik tidak stabil, alirannya menjadi tegangan input pada UPS. Nah, UPS akan melakukan stabilisasi tegangan menjadi tegangan output. Tegangan listrik yang dikeluarkan UPS inilah yang aman digunakan oleh PC gaming.

UPS untuk PC memang dirancang untuk menjaga perangkat kerasseperti motherboard, prosesor, hard disk, RAM, kartugrafis, CD ROM, bahkan system operasi (software). Sehingga, perangkat keras dan lunak dalam PC akan lebih tahan lama dan terawat.

Untuk Anda yang tinggal di lokasi dengan kebiasaan pemadaman listrik rutin, UPS untuk PC sangat bermanfaat dan dapat Anda maksimalkan.

 

  1. Memperpanjang daya tahan PC gaming

Seperti yang telah di singgung di poin sebelumnya, UPS dapat memperpanjang umur PC. Sebabnya, UPS berperan sebagai stabilizer arus dan tegangan listrik yang dapat memperpendek usia perangkat di dalamnya.

Arus dan tegangan listrik yang masuk secara drastic akan mengakibatkan korsleting, efek panas di bagian dalam perangkat, hingga membakar beberapa komponen di CPU. Misalnya terbakar di bagian IC pada komponen CPU, overheat di bagian prosesor, dan sebagainya.

 

  1. Menghemat energi dan biaya listrik

Menggunakan UPS untuk PC artinya juga menghemat energi dan biaya listrik. Anda turut berpartisipasi untuk memperpanjang daya tahan perangkat elektronik, terutama PC gaming. Bahkan, Anda dapat berhemat dari segi pemeliharaan perangkat (maintenance) dan servis.

Anda juga bisa menghemat biaya listrik dengan UPS. Ketika listrik sering padam, Anda sering kali butuh waktu untuk menghidupkan ulang PC-nya. Ini tentu memakan energi listrik lagi bukan?

 

Nah itulah 5 manfaat UPS untuk PC gaming. Sudah saatnya ambil kendali Anda atas penggunaan listrik. Yuk mulai sekarang!