NEWS

Bagaimana Cara Pilih UPS Kantor Terbaik?

Punya UPS kantor terbaik artinya perusahaan memiliki investasi energi terbaik pula. Berikut ini pembahasan dan review 4 UPS kantor terbaik.

Punya UPS kantor terbaik artinya perusahaan memiliki investasi energi terbaik pula. Namun, tidak semua orang sadar akan pentingnya UPS berkualitas. Mengapa kantor butuh UPS? Bagaimana cara memilihnya? Berikut ini pembahasan dan review 4 UPS kantor terbaik.

 

Apa itu UPS?

UPS atau Uninterruptible Power Supply) merupakan alat suplai daya yang menggunakan baterai sebagai cadangan listrik. Apa saja fungsi dari UPS?

  • Melindungi perangkat elektronik dari lonjakan arus dan sambaran petir
  • Menampung energi listrik untuk backup data dan mengamankan sistem operasi
  • Memberi kesempatan pada pengguna untuk mematikan perangkat elektronik lewat prosedur shutdown
  • Menstabilkan tegangan listrik
  • Mengontrol jaringan LAN

 

UPS memiliki baterai cadangan. Jadi meskipun listrik padam, energi listrik inilah yang akan menyokong energi pada baterai cadangan. Meski demikian, durasi atau running time-nya berjalan cepat, sekitar 5 menit hingga 30 menit.

UPS berperan penting dan banyak diperlukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, jasa informasi, penyedia internet, keuangan digital, dan sejenisnya. Karena, bidang-bidang inilah membutuhkan internet setiap saat, bahkan saat kondisi genting sekali pun.

 

Mengapa perlu UPS kantor terbaik?

Seperti yang telah disebutkan, UPS mampu menyerap energi listrik yang tersisa ketika listrik padam. Energi listrik inilah yang akan menjadi suplai atau cadangan energi agar perangkat elektronik di kantor tetap hidup.

Listrik padam memang rentan membuat perangkat elektronik cepat rusak. Bahkan, bisa menggagalkan proses backup data atau konfigurasi data.

Katakanlah Anda memiliki usaha digital dan harus siap sedia (standby) tiap saat. Ketika listrik padam, maka seluruh perangkat elektronik turut padam. Bayangkan berapa kerugian yang akan Anda alami, mulai dari waktu menunggu listrik hidup saja.

Karena itu, UPS kantor terbaik diperlukan untuk menjaga produktivitas keja sekaligus melindungi perangkat elektronik. Di samping itu, UPS yang bergaransi resmi akan memudahkan pihak operasional perusahaan ketika ingin klaim akibat kerusakan atau servis.

 

Bagaimana cara memilih UPS kantor terbaik

UPS memang dapat bekerja seefektif itu, tetapi Anda juga perlu tahu cara memilih UPS kantor terbaik. Sebabnya, UPS diproduksi sesuai kebutuhan Anda. Apakah Anda butuh UPS berdaya besar untuk di kantor? Jika iya, seberapa besar? Nah itulah yang akan Harrisma bahas.

 

1. Tentukan perangkat yang akan dilindungi

Pertama adalah tentukan perangkat yang dilindungi. Ada berapa jumlah komputer dan ruang server yang ingin diberi UPS? Berapa pula daya listrik masing-masing perangkat elektroniknya?

 

2. Hitung daya yang dibutuhkan

Setelah menentukan perangkatnya, hitung pula daya yang dibutuhkan. Idealnya, perangkat elektronik yang akan dilindungi UPS hanya 50 persen dari kapasitas yang tertera di perangkat. Artinya, jika UPS yang kantor miliki sebesar 20 KVa, maka beban listrik yang dihubungkan ke UPS tidak boleh melebihi nilai tersebut.

Karena, jika melebihi kapasitas, UPS akan lebih cepat rusak dan baterainya mengalami drop.

 

3. Pastikan durasi backup (backup time) dan operasi

Kemudian, cek juga backup time atau running time-nya. Tujuannya agar Anda bisa menyempatkan waktu untuk backup dan mencabut perangkat elektronik dari stop kontak.

Umumnya, UPS memiliki durasi sekitar 5 menit hingga 30 menit.

 

4. Perhatikan garansi produk

Layanan garansi produk menjadi krusial bagi perusahaan. Karena, UPS bisa saja mengalami gangguan atau kendala teknis yang membutuhkan ahli yang mengenal perangkat UPS.

Layanan garansi produk dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memilih UPS kantor terbaik. Di samping memberikan keamanan, tetapi juga memudahkan pekerjaan.

 

5. Cek fitur hemat energi

Meski UPS kantor terbaik akan menyuplai listrik dan menstabilkan tegangannya, tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah seberapa “hemat energi” UPS ketika bekerja.

 

Fitur hemat energi seperti ENERGY STAR® dan GreenPower UPS™ bisa menjadi pertimbangan. Fitur ini dapat mengurangi konsumsi energi dan biaya listrik. Seperti CyberPower, penyedia UPS kantor terbaik sejak 1997. Memiliki banyak distributor, termasuk Harrisma. Anda bisa mendapatkan UPS kantor terbaik dari CyberPower yang bergaransi sekaligus mudah diinstalasi.

Itulah pembahasan cara pilih UPS kantor terbaik. Dapatkan UPS kantor terbaik CyberPower di Harrisma. Hubungi kami Whatsapp.

Please subscribe to our newsletter

Keep in touch to get business, technology, and knowledge update from us