NEWS

4 Tips Memilih Antena Radio HT

Antena radio HT biasanya langsung terpasang di HT-nya. Namun, ada juga yang belum. Fungsi antenna radio HT itu apa sih? Simak pembahasan berikut agar Anda dapat memilih HT yang tepat!

Antena radio HT biasanya langsung terpasang di HT-nya. Namun, ada juga yang belum. Fungsi antenna radio HT itu apa sih? Simak pembahasan berikut agar Anda dapat memilih HT yang tepat!

 

Sekilas tentang antena radio HT

Antena radio HT dapat memancarkan dan menerima sinyal. Karena itu, HT umumnya harus menggunakan antena ini agar Anda dapat berkomunikasi.

Jenis-jenis antena radio HT beragam, mulai dari jenis open dipole, dual band, monopol, dan sebagainya. Dari segi bentuk antara lain parabola, mikrostrip, horn, heliks, loop dan sebagainya.

Kelebihan HT dengan antena adalah dapat digunakan tanpa pulsa atau kuota internet. Di samping itu, Anda juga bisa berkomunikasi dalam jarak 0,5 km hingga 2,5 km atau lebih. Bahkan, HT yang memiliki antena dapat menjadi transceiver karena dapat memancarkan sekaligus menerima sinyal radio.

Antena radio HT dapat dirakit sendiri atau beli dari buatan pabrik. Dari segi bujet, beli produk jadi cukup terjangkau, seperti antena radio HT di website Harrisma ini.

 

Tips memilih antena radio HT

Dari sekian jenis antena radio HT, apa saja yang harus dipertimbangkan? Berikut adalah 5 tips memilih antena radio HT. Yuk simak selengkapnya!

1. Ukuran antena

Pada dasarnya, antena radio HT mampu meningkatkan frekuensi yang lemah. Namun, ukuran antena dapat mempengaruhi jangkauan frekuensi radio HT. Makin panjang ukuran antenanya, makin luas juga jangkauannya.

Meski demikian, ukuran antena yang terlalu panjang justru merepotkan. Ada antena radio HT yang pendek, namun mudah dibawa kemana-mana dan nyaman digunakan. Bahkan, ada pula ukuran antena yang pendek namun jangkauannya luas.

 

2. Keaslian produk

Keaslian produk juga turut dipertimbangkan saat memilih antena radio HT. Sebab, produk yang original masih memiliki jaminan produk dari pabrik. Jadi, ketika ada kerusakan, Anda masih mendapat garansi.

Di samping itu, produk original juga memiliki nomor seri beserta spesifikasi produknya. Hal ini akan mempermudah Anda saat memasangkan antena ke HT. Karena, tidak semua antena langsung pas dipasang di HT bukan?

 

3. Cara pemasangan

Produk antena radio HT yang original memang memberikan keamanan dan jaminan. Namun, bukan berarti Anda tidak memperhatikan cara instalasi atau pemasangannya.

Cara pemasangan antena radio HT berbeda-beda, tergantung jenis dan model pada HT atau antenanya. Pastikan terlebih dahulu jenis antena yang bisa di-pair pada HT Anda. Tentunya, Anda juga perlu mengecek serial produk HT Anda, mana saja antena yang pas ketika diinstalasi.

Antena yang dipasang kurang pas atau tidak cocok di HT justru akan merusak HT dan antenanya. Mulai dari power atau kekuatan antena berkurang, bahkan sampai tidak bisa menangkap sinyal.

 

4. Kekuatan antenna gain

Memilih antena radio HT juga perlu mempertimbangkan besaran antenna gain atau penguat antena. Antenna gain berfungsi untuk mengarahkan atau menerima sinyal dari arah tertentu.

Biasanya, antenna gain ini nilainya tidak bisa diturunkan. Namun daya pancar total perangkat (EIRP; effective isotropic radiated power) dapat diturunkan agar gangguannya hilang.

Makin tinggi besaran antenna gain, makin besar pula kekuatan yang dikeluarkan oleh radio pemancar. Jadi, penggunaan daya di radio masih bisa hemat.

 

Itulah 5 tips memilih antena radio HT. Produk-produk HT di pasaran tersedia berbagai jenis merk, salah satunya adalah Motorola. Motorola terkenal sebagai produk elektronik yang terus berinovasi dan memberi layanan maksimal pada pelanggan. Khususnya, untuk kebutuhan jaringan komunikasi, radio, dan pemancar.

Dapatkan produk-produk antena radio HT Motorola yang original dari distributor resmi Harrisma. Beli sekarang!

Silakan berlangganan newsletter kami

Tetap bersama kami untuk mendapatkan bisnis, teknologi, dan pengetahuan terkini